Posted on: Oktober 6, 2021 Posted by: ggmtx Comments: 0

Chrono Trigger merupakan game legendaris karena game ini dikerjakan oleh orang-orang yang namanya sedang naik daun saat itu dan disebut sebagai Dream Team.

Anggota Dream Team tersebut antara lain adalah Hironobu Sakaguchi (kreator dari seri Final Fantasy), Yuji Horii (kreator seri Dragon Quest), Akira Toriyama (mangaka dari Dragon Ball), dan musik yang merupakan pekerjaan mengarang lagu pertama Yasunori Mitsuda (yang setelah itu populer sebagai komposer Chrono Cross, Xenogears, Shadow Hearts, dan lain-lain) dengan dibantu oleh Nobuo Uematsu (komposer seri FInal Fantasy).

Chrono Trigger yang dirilis di SNES pada tahun 1995 sering kali dianggap sebagai salah satu JRPG terbaik sepanjang masa, dan hal ini bukanlah suatu statement yang melebih-lebihkan.

Oleh karena itu pada review ini kami akan mencoba membahas apa saja yang membuat Chrono Trigger begitu spesial di kalangan penggemar JRPG.

Dari segi gameplay eksplorasi dan battle, bisa dibilang Chrono Trigger tidaklah terlalu spesial. Meskipun memiliki kualitas yang tinggi, tidak ada hal yang betul-betul memorable dari gameplay dasar game ini.

Pertarungan yang ada di Chrono Trigger dilakukan secara turn-based, namun tidak random battle seperti yang banyak ditemukan di JRPG pada masa itu.

Chrono Trigger memiliki segala hal yang standar dimiliki JRPG seperti world map, kota, dungeon, dan lain sebagainya.

Bedanya world map dalam game ini bisa dibilang berukuran cukup kecil dibandingkan dengan game lain, namun hal ini ditolong dengan tema time travel di mana kalian bisa menjelajahi peta dalam zaman yang berbeda.

World map utama bisa kalian jelajahi di zaman purba, abad pertengahan, serta di era post-apocalypse.kalian

Jika ditanya tentang tingkat kesulitan, Chrono Trigger bisa dibilang merupakan game yang cukup mudah. Meskipun beberapa boss akan memberikan tantangan yang cukup berat untuk kalian, kalian dijamin akan sangat jarang perlu berhadapan dengan layar game over.

Meskipun memiliki kualitas grafis 2D pixel art layaknya game lain yang dirilis untuk SNES, grafis yang dimiliki Chrono Trigger memiliki pesonanya tersendiri.

Sepanjang permainan kalian akan disajikan dengan kualitas visual yang sangat memukau. Bahkan meskipun memiliki kualitas grafis 2D, kalian dijamin akan tetap bisa merasakan gaya gambar Akira Toriyama di dunia fiksi ini.

Trigger memang memiliki hal spesial tersebut, dan hal itu muncul dalam wujud tema time travel yang dimiliki.

Sebagai contoh, jika kalian pergi ke sebuah istana di tahun 600, maka kalian akan menemukan banyak peti harta di sana.

Jika peti tersebut tidak kalian buka sampai kalian lompat ke tahun 1000, maka di tahun 1000 peti tersebut masih ada dan memiliki item yang kualitasnya meningkat, ditambah kalian tetap bisa mendapatkan item yang ada di tahun 600. Namun jika kalian membuka peti tersebut di tahun 600, maka kalian tidak akan mendapatkan apa-apa di tahun 1000.

Hal-hal simpel seperti inilah yang membuat Chrono Trigger begitu spesial. Atensi terhadap detail membuat dunia di game ini begitu menyenangkan untuk diikuti.

Tentunya contoh di atas bukan satu-satunya pemanfaatan time travel yang bisa kalian temukan dalam Chrono Trigger.

Masih banyak bagian lain dalam game yang akan membuat kalian terkagum-kagum, namun kami tidak akan meceritakannya di sini tentunya, karena itu akan mengurangi faktor kejutan yang bisa kalian dapatkan.

Banyak orang yang bilang bahwa kehebatan Chrono Trigger ini sebenarnya hanyalah delusi nostalgia yang dimiliki para gamer 90-an. Tapi kami yakin hal tersebut adalah salah. Saat ini jika kalian mau memainkan Chrono Trigger, ada banyak sekali jalan yang bisa kalian tempuh.

Game ini tersedia untuk Android dan iOS, selain itu ada juga versi Nintendo DS yang mengalami sedikit penyesuaian dengan hardware NDS, versi Virtual Console yang bisa diakses Wii dan Wii U, serta versi PlayStation yang bisa dimainkan di PlayStation, PlayStation 2, PlayStation 3, PSP, dan PS Vita. Pilihan yang sangat banyak untuk sebuah game legendaris, kuantitas yang harmonis dengan kualitas.