Posted on: Oktober 6, 2021 Posted by: ggmtx Comments: 0

AOV atau Arena of Valor merupakan game berjenis MOBA yang dimainkan pada platform smartphone. Berbeda dengan game jenis lainnya, MOBA merupakan jenis game yang sangat kompetitif.

Di sepanjang permainan game ini kalian akan bertarung melawan pemain lain dengan bantuan koneksi internet. Kalau kalian bukan gamer dengan darah kompetitif, maka game ini sepertinya tak akan cocok dnegan kalian.

Karena, tujuan akhir dari game ini adalah menjadi gamer terbaik dan berjuang untuk naik ke puncak melalui pertarungan tanpa kenal lelah. Karena pertarungannya yang kebanyakan dilaksanakan secara beregu, maka melakukan kesalahan yang mengakibatkan kalian kalah akan menghasilkan cercaan, kemarahan, dan antipati dari anggota tim.

Apalagi jika ditambah dengan adanya sistem komunikasi melalui suara di tengah permainan. Mendengar anggota tim yang melempar sumpah serapah saat ia kalah sudah menjadi hal yang biasa.

Namun tujuan utamanya adalah agar kerjasama tim menjadi lebih mudah. Ingat, tanpa kerjasama tim yang baik, jangan bermimpi untuk bisa naik ke posisi yang tinggi di dalam AOV.

Sifat AOV yang sangat kompetitif menjadikan pemainnya untuk selalu berusaha menang dalam melawan pemain lain. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, AOV akan mempertemukan kalian dengan tim pemain lain.

Baik tim milik kalian maupun tim lawan akan dipilih anggotanya secara acak, tergantung dari berapa banyak pemain yang sedang mencari arena di saat itu. Karena itulah, kalian mungkin akan sering berpasangan dengan tim yang hebat sekali atau malah sebaliknya.

Sedangkan untuk permainannya sendiri, pertama kalian harus memilih salah satu dari avatar atau hero yang tersedia.

Hero itulah yang nantinya akan kalian kendalikan di sepanjang permainan. Setiap hero memiliki kemampuan yang berbeda dengan hero lainnya. Itu sebabnya pemilihan hero serta komposisi hero yang dipilih pemain lain di satu tim menjadi penting.

Karena pada game ini hero terdiri dari tiga peran, yaitu Tank dengan pertahanan kuat serta skill yang mampu mengacaukan formasi tempur lawan, penyerang yang mampu membunuh lawan dengan serangan yang kuat, tetapi pertahanannya rendah, serta Support yang mampu memberi dukungan bagi timnya, seperti penyembuhan dan meningkatkan kecepatan serangan.

Taktik yang digunakan untuk bertempur tergantung dari komposisi hero tersebut dan kombinasinya cukup banyak.

Arena yang bisa kalian temui berupa daerah luas dengan dua sisi, yaitu sisi timmu dan sisi tim lawan. Untuk sampai ke daerah lawan, kalian harus berjalan mengikuti jalur atau lane, yang dilindungi oleh menara atau tower.

Tower tersebut memiliki pertahanan yang tinggi dan serangan yang kuat. Menghancurkan tower tersebut tentunya sulit dilakukan oleh hero saja, itu sebabnya kalian juga dibantu oleh pasukan bernama Creep yang dijalankan otomatis oleh komputer, dan mereka selalu muncul secara berkala dari markas timmu menuju markas lawan.

Creep tersebut merupakan bantuan bila berasal dari timmu dan penghalang bila berasal dari tim lawan.

Namun, mereka pula yang menjadi makanan utama untuk peningkatan kekuatan heromu. Dengan membunuh Creep musuh, kalian akan mendapatkan poin experience yang membantumu naik level serta memberi uang.

Perlu dicatat pula bahwa level hero hanya berlaku pada satu kali arena saja, setelah selesai menang atau kalah, level akan kembali menjadi 1. Jadi, setiap pertarungan menjadi lomba untuk meningkatkan level lebih dari lawan, dan menghalangi lawan untuk mendapatkan level.

Kemampuan kalian untuk mengendalikan hero dengan baik merupakan hal yang sangat penting dalam game berjenis MOBA. Pada AOV, kalian dapat mengendalikan hero dengan menggunakan touch stick di layar smartphone. Gerakan jarimu di atas stick tersebut akan menentukan arah hero. Setelah itu, pada sisi lain kalian bisa menemukan tombol untuk menyerang dan menggunakan skill.

Skill yang bisa digunakan oleh hero tergantung dari levelnya. Secara garis besar, skill yang bisa digunakan oleh hero terbagi menjadi dua skill menyerang (atau untuk mengendalikan jalannya pertarungan dengan menyembuhkan dan menghentikan gerakan lawan), serta satu skill ultimate yang berkekuatan besar.

Kapan kalian menggunakan skill tersebut dan timingnya menjadi kunci kemenanganmu. Hal ini pula yang membuat AOV mudah dipelajari tetapi sulit dikuasai. Hanya jam terbang yang bisa membantumu.

Kemudian, bagian lain yang tidak kalah pentingnya adalah uang. Setiap kali kalian mengalahkan Creep lawan atau hero lawan, selain poin experience kalian akan mendapatkan uang. Gunakan uang tersebut untuk membeli perlengkapan tempur guna memperkuat heromu.

Cara membelinya juga sangat mudah, karena kalian bisa membelinya di mana saja, bahkan ketika jauh dari markasmu dan di tengah daerah lawan sekalipun. Tanpa perlengkapan tersebut, bisa dipastikan kalian tidak bisa menang melawan hero lain.